Membatalkan E-mail yang Sudah Terkirim

Majalah Internet - Mungkinkah membatalkan sebuah e-mail yang sudah Anda kirim? Bukankah e-mail tersebut telah sampai kepada penerimanya, dan mungkin sudah dibaca dan dibalas (reply) kepada Anda?
Jika penerima e-mail Anda menggunakan Outlook dan belum membaca atau memindahkan e-mail tersebut dari folder Inbox-nya, Anda masih memiliki kesempatan untuk membatalkannya. Hal seperti ini terjadi, misalnya, Anda membuat sebuah e-mail dan langsung meng-klik Send setelah itu, padahal Anda masih belum menyertakan attachmentnya. Anda bisa buru-buru melakukan recalling, atau mereplace e-mail yang sudah terkirim tersebut.

Caranya adalah sebagai berikut.
  1. Tampilkan Folder List jika belum terlihat, yaitu dengan mengklik menu View * Folder List.
  2. Klik Sent Items.
  3. Buka e-mail yang ingin Anda recall atau replace.
  4. Pada menu Actions, klik Recall This Message, sehingga muncul kotak dialog "Recall This Message".
  5. Pilih "Delete unread copies of this message" jika Anda ingin membatalkannya, atau pilih "Delete unread copies and replace with a new message" jika Anda ingin mengganti e-mail yang terkirim itu dengan yang baru. Jika Anda memilih pilihan kedua, Anda diminta untuk membuat e-mail yang baru. Jika Anda tidak membuat e-mail pengganti tersebut, maka pilihan pertama (recall) yang dilakukan.
  6. Tandai opsi "Tell me if recall succeeds or fails for each recipient" jika Anda ingin diberitahu status pembatalan Anda.
  7. Klik OK untuk melaksanakannya.

 Beberapa penyedia akun email mempunyai opsi UNDO-SEND, di Yahoo belum ada, Gmail contohnya (setelah melalui beberapa pengaturan), dimulai sejak klik Kirim sebelum melewati 5 detik, pilihan UNDO SEND tersedia. Tersedia waktu 5 detik untuk membatalkan email terkrim. Pengaturan UNDO SEND Gmail berada di halaman paling bawah situs ini https://mail.google.com/mail/?ui=2&fs=1&…

Pada Gmail
GMail memiliki 2 versi tampilan pada menu emailnya, yaitu versi standart dan versi basic. Jika kita menggunakan tampilan versi standart inilah kita dapat menggunakan fitur pembatalan email yang sudah terlanjur terkirim.
Bagi kita yang menggunakan email gratisan di GMail, kita bisa mengecek ulang email yang sudah terlanjur kita kirimkan tersebut. Lalu bagaimana cara membatalkan pengiriman email yang sudah terlanjur terkirim ?
  • Silahkan Sign In ke akun email Anda. Klik icon GEAR di pojok kanan atas halaman email, kemudian klik Mail Settings (Anda harus menggunakan tampilan standart pada tampilan gmail Anda)
  • Pada menu Settings klik pada pilihan menu Labs, scroll ke bawah hingga menemukan menu pilihan Undo Send, pilih Enable dan klik Save Changes.
Secara default Anda memiliki waktu selama 10 detik untuk membatalkan pengiriman email. Namun terkadang ini terasa terlalu cepat, oleh karena itu Anda bisa mengatur waktunya sesuai keinginan. Caranya;
  • Silahkan kembali ke menu Mail Setting pilih General kemudian cari Undo Send. Silahkan Anda atur menjadi 20 atau 30 detik kemudian klik Save Changes.
  • Silahkan Anda coba untuk kirim email. Setiap Anda klik Send maka dibagian atas akan ada pesan “Your message has been sent. Undo View message” Anda bisa klik Undo untuk membatalkan proses pengiriman email.


    Related Articles: